Analisa 4P - Tango Wafer

Tango adalah wafer yang diproduksi oleh PT. Ultra Prima Abadi dari Grup Orang Tua, produknya berupa beberapa lapis wafer yang tengahnya diisi dengan krim, dibuat pertama kali tahun 1995 pada awalnya Tango hanya memiliki 3 varian rasa yaitu chocolate, susu vanilla dan choco hazelnut. Namun Tango terus berkembang dan melahirkan varian rasa yang baru. Sekarang varian rasa yang tersedia yaitu Chocolate, Vanilla Milk, Strawberry Jam, Bubble Gum dan Cheese. Tango pernah mengeluarkan beberapa varian rasa yang unik, seperti rasa Kurma Susu dan Vanilla Black. Tango juga memiliki berbagai macam jenis kemasan dengan kuantitas yang berbeda-beda. Kemasannya ada yang berupa plastik alumunium ataupun di karton. Kemasannya sendiri mempunyai warna yang berbeda-beda menyesuaikan dengan rasanya.

Untuk rasa cokelat seperti yang saya bahas, mempunyai kemasan plastik alumunium dengan warna dominan cokelat dan menggunakan foto dari Tangonya itu sendiri serta foto gandum untuk menunjukan bahan dasarnya. Logonya yang besar dan berwarna merah membuatnya sangat terlihat jelas dan bisa menjadi ciri khas. Pada bagian belakang kemasan terdapat berbagai macam informasi

Tango sangat mudah untuk didapatkan, produknya tersedia diberbagai macam minimarket seperti Alfamart, Indomaret, Lawson, dll, supermarket seperti Giant, Carrefour, dll hingga di warung-warung pun ada. Ini membuat Tango sangat mudah dijangkau oleh masyarakat di seluruh Indonesia.


Harga dari tango juga bervariasi sesuai dengan ukurannya. Harga saat ini untuk ukuran 78 gr dihargai Rp 6.500 jika kita membelinya di Lawson, harganya mungkin bisa berubah apabila di toko yang berbeda namun tidak terlalu jauh. Harga untuk Tango sendiri masih terbilang cukup murah untuk dibeli.

Dengan slogan "Berapa lapis? Ratusan!" Tango menyasar target market semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Tango menaruh iklannya pada berbagai media, seperti di televisi maupun media cetak. Tango sering memberikan promo undian berhadiah seperti contohnya Tango pernah mengadakan undian "Tango Bagi Bonus Milyaran" sebagai strategi untuk menarik minat para pembelinya. Tango juga pernah melakukan kerjasama dengan Yayasan Obor Berkat Indonesia di Nias dan Ruteng untuk menyatakan komitmennya dalam membantu pemberantasan gizi buruk di Indonesia.


Comments